Senin, 16 Agustus 2010

Usaha Bubur Ayam


Mungkin bubur adalah makanan yang identik dengan orang sakit, anak kecil atau bayi dan lansia. Karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna, jadi tak perlu tenaga ekstra untuk mengunyahnya. Umumnya bubur adalah makanan yang terbuat dari bahan baku utama beras yang dimasak hingga lunak. Makanan bubur ayam ini biasa disajikan dalam mangkuk bersama suwiran daging ayam goreng, potongan cakue, dan kacang kedelai goreng. Pelengkapnya berupa taburan bawang goreng, irisan daun seledri kerupuk atau emping, kecap manis, kecap asin, dan sambal. Bubur ayam dapat dinikmati bersama sate hati, ampela dan usus. Kuliner ini, biasa dinikmati sebagai menu saat sarapan.

Agar bubur ayam yang Anda buat lezat, sebaiknya beras yang Anda gunakan harus pulen. Ayam yang digunakan harus segar. Sebelum ayam digoreng untuk suwiran, ayam terlebih dahulu direbus untuk diambil kaldunya. Bumbu kaldu ayam terdiri dari bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, serai dan garam. Untuk bisnis makanan ini, cara menjualnya dapat dengan cara berkeliling atau mangkal. Namun, sebaiknya berjualan dengan cara mangkal, karena akan lebih menghemat tenaga. Asalkan lokasinya strategis, penjualannya tidak kalah bahkan lebih baik dari yang berkeliling. Lakukan promosi dengan membuat spanduk tempat usaha, kualitas dan rasa bubur yang dijual merupakan faktor penting untuk berjalannya promosi dari mulut ke mulut.

Anda dapat mencontoh kesuksesan dalam cara bisnis bubur ayam Syarifah. Di Jogja, tepatnya di Jalan Sagan terdapat warung bubur ayam, yang bernama bubur ayam Syarifah. Sajian bubur ayam Syarifah ini, sebenarnya hampir sama dengan sajian bubur ayam yang lainnya. Namun, yang membedakan adalah rasa, penyajian dan pelayanannya. Usaha yang berdiri sejak tahun 2004 ini, tidak langsung sukses dalam menjalankannya. Firly Ferdiansyah mengawali usahanya berjualan dengan menggunakan gerobak, tenda dan mangkal di pinggir jalan dan dibantu 1 orang asistennya. Ternyata dari hari ke hari usahanya tersebut mendapat respon positif dari masyarakat yang telah mencoba bubur ayam buatannya tersebut. Dari hasilnya itu, akhirnya Firly dapat menyewa sebuah tempat di Sagan untuk berjualan dan menambah menu-menu hasil kreasinya sendiri. Begitu banyak penggemar bubur ayam Syarifah, sehingga Firly membuka cabang bisnisnya itu dibeberapa tempat. Kita dapat menjumpai bubur ayam Syarifahnya di Samirono, Jalan Kaliurang, Mangkubumi, dan Seturan yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 11 siang. Berbeda dengan warung yang berada di Sagan, yang buka mulai pukul 6 pagi hingga 9 malam, di sini pun ada banyak berbagai menu special selain bubur ayam. Kunci sukses bubur ayamnya terletak pada rasanya yang khas dan pelayanannya yang baik terhadap konsumen. Lelaki 30 tahun ini pun sering membagikan kupon makan gratis pada pelanggannya. Itulah salah satu trik Firly dalam menarik konsumen.

Tip dan Trik

Pada umumnya bubur ayam dijual pada pagi hari sebagai menu sarapan. Namun, kini juga mulai bermunculan yang menjual bubur ayam saat sore hingga malam hari. Karena ternyata banyak juga orang yang memilih kuliner ini sebagai menu makan malamnya.

Analisis Ekonomi

Modal awal
Gerobak Rp 2.000.000,.
Tenda, kursi, meja Rp 1.500.000,.
Peralatan masak Rp 1.000.000,.
Sewa tempat masak Rp 5.000.000,.
Bahan baku awal Rp 500.000,.+
Jumlah Rp 10.000.000,.

Biaya operasional / bulan
Pembelian bahan baku
Beras (5 liter x Rp 6000/liter x 30 hari) Rp 900.000,.
Daging ayam (2kg x Rp 25.000/kg x 30 hari) Rp 1.500.000,.
Bumbu dan bahan pelengkap Rp 60.000 x 30 hari Rp 1.800.000,.
Gas elpiji 3kg @ Rp 13.500 x 20 tabung Rp 270.000,.
Kotak Styrofoam (50buah x 500/buah x 30 hari) Rp 750.000,.
Gaji karyawan Rp 800.000,.
Listrik dan Lain-lain Rp 200.000,.+
Jumlah Rp 6.220.000,.

Pemasukan
Omset / bulan
(70 porsi x Rp 5000 x 30 hari) Rp 10.500.000,.

Laba bersih / bulan
(Rp 10.500.000,. – Rp 6.220.000,.) Rp 4.280.000,.

BEP
(Rp 10.000.000,. : Rp 4.280.000,.) = < 3 bulan

Sumber gambar : tim bisnisUKM

Jumat, 13 Agustus 2010

PELUANG USAHA KECIL 2010 PALING PROSPEKTIF - Peluang Usaha


Peluang usaha kecil 2010 - Perekonomian 2010 akan sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi dan politik. Perjanjian ACFTA juga akan sangat berpengaruh kepada seberapa besar prospek dari setiap peluang usaha yang akan menjadi primadona dimasa datang. sebagian orang berpendapat ditengah ketidakmampuan pengusah lokal bersaing ACFTA akan menjadi bumerang yang menghancurkan produsen lokal, tetapi saya justru melihat bahwa akan banyak bermunculan peluang usaha baru pada tahun 2010 yang menandai kebangkitan pasar lokal, saratnya kreatif memanfaatkan kesempatan yang ada.


Terkait dengan ACFTA atau pasar bebas ASEAN dan Cina yang telah dimulai per1 Januari 2010, kapabilitas produsen lokal seringkali dipertanyakan kesaiapanya menghadapi persaingan dengan produk produk ASEAN dan Cina. Beberapa kelemahan mendasar yang menjadikan produk lokal tidak bisa bersaing dengan produk Cina adalah tingganya production cost yang justru disebabkan oleh pungutan ilegal dan tentu juga pajak. Pada tahun 2008 saja Bisnis Indonesia melansir pengutan liar untuk industri manufaktur senilai USD 180 Juta, sebuah angka yang fantastis, fenomena lempar uang kepada oknum petugas Dina s Perhubungan juga jamak ditemui belum lagi premanisme. Pungutan resmi tetapi tidak berpihak kepada pengusah seperti pajak ganda yang diakibatkan ketidak singkronan perundang undangan pusat dan daerah juga semakin meningkatkan cost produksi lokal belum lagi ditambah dengan cost keruwetan birokrasi dengan berbagai model uang pelicin yang disinyalir mencapai US$ 400 pertahun menjadikan pertumbuhan produkse dalam negri sangat kecil, fenomena yang berbeda terjadi di Cina, keseriusan pemerintah cina memberatnas korupsi dengan memberlakukan hukuman mati sangat berpengaruh mengurangi berbagai macam penyelewengan termasuk pungli.

Disisi lain tenaga kerja murah bisa dengan mudah diperoleh di Cina, pertumbuhan ekonomi Cina yang luar biasa dengan tingkat konsumsi produk dalam negeri yang sangat tingga menjadikan harga kebutuhan bahan pokok selalu stabil, wajar jika kemudian tenaga kerja murah mudah diperoleh di Cina. terakhir adalah kebijakan insentif ekspor dari pemerintah cina menyebabkan tingkat ekspor negeri Tirai Bambu itu melesat dasyat, hasilnya berbagai macam produk murah Cina menyerbu Indonesia, Tidak demikian dengan negara kita pembebanan pajak ekspor dan useless cost membuat pengusaha kita mabuk.

Pada posting kali ini saya akan sedikit mengulas tentang beberapa ide bisnis paling prospektif versi saya pada tahun 2010. Ketertarikan masyarakat indonesia terhadap kewirausahaan sebenernya sudah cukup bagus, saya mencoba melaukan sebuah riset kecil terhadap keyword yang sering dicari pengguna internet terkait bisnis dan hasilnya anda bisa lihat di daftar berikut ini

peluang usaha baru
peluang usaha bisnis
peluang usaha sampingan
situs peluang usaha
mencari peluang usaha
cari peluang usaha
artikel peluang usaha
peluang usaha online
peluang usaha mlm
peluang usaha warnet
membuka peluang usaha
peluang usaha warung
proposal peluang usaha
prospek peluang usaha
peluang usaha restoran
peluang usaha koperasi
membuat peluang usaha
peluang usaha investasi
peluang usaha jasa
peluang usaha kerja
peluang usaha sendiri
kiat peluang usaha
peluang usaha menengah
peluang usaha kerjasama
peluang usaha properti
peluang tahu bulat
jenis peluang usaha
cara peluang usaha
peluang usaha terbaru
peluang usaha sukses
peluang usaha komputer
contoh peluang usaha
peluang usaha makanan
peluang usaha waralaba
tentang peluang usaha
peluang usaha franchise
majalah peluang usaha
peluang modal usaha
peluang untuk usaha
peluang tahu bulat
peluang membuka usaha
peluang dan usaha jasa pajak
peluang bisnis usaha
peluang kerjasama usaha
tabloid peluang usaha
peluang usaha internet
info peluang usaha
peluang usaha modal
peluang usaha menguntungkan
peluang usaha ritel
peluang usaha mandiri
peluang usaha rumah makan
peluang tahu bulat
peluang usaha rumahan
peluang usaha percetakan
informasi peluang usaha
makalah peluang usaha
peluang usaha ukm
pengertian peluang usaha
buku peluang usaha
peluang usaha modal kecil
peluang usaha tanpa modal
peluang usaha dengan modal kecil
peluang usaha kecil menengah
peluang dunia usaha
peluang mitra usaha
peluang wira usaha
usaha peluang
iklan peluang usaha
peluang usaha di rumah
peluang usaha pulsa
peluang usaha dirumah
peluang usaha sembako
peluang usaha kursus
peluang usaha reseller
milis peluang usaha
peluang usaha it
peluang usaha photo
website peluang usaha
100 peluang usaha
media peluang usaha
peluang usaha software
peluang usaha es
peluang tahu bulat
peluang usaha digital
peluang usaha software akunting
peluang usaha retail
peluang usaha ps
peluang usaha counter

Dari hasil survey keyword diatas sebenernya sudah sedikit memberikan gambaran tentang bisnis apa yang menjadi fokus cukup banyak. baik kita akan bahas secara singkat bisnis apa yang patut kita coba di tahun 2010

Peluang usaha makanan dan minuman

Usaha makanan akan tetap menjadi primadona di tahun 2010, eskalasi kesibukan yang terus meningkat membuat kebutuhan makanan terutam yang berkonsep cepat saji akan terus berkebang. Selain itu minuman juga tidak kalah prospek, kenaikan suhu udara akibat pemanasan global akan menjadikan tingkat konsumsi air meningkat.

Peluang usaha rumahan modal kecil dengan bisnis online
Yang satu ini menjadi fokus saya, alasamya simple penetrasi pengguna internet di Indonesia yang semakin meningkat apalagi didukung harag akses yang semakin murah menjadikan pasar bisnis online terus meningkat. Diprediksi pada tahun 2010 akan terjadi peningkatan belanja iklan online. Bisnis onle tidak melulu bermain ppc, paid review, jual link atau afiliasi anda juga bisa menggunakn media online untuk membuat toko online, solusi murah hasil melimpah

Peluang usaha agroindustri
Masih ingat istilah back to nature? kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan mengkonsumsi produk agro yang nirkimia menjadi prospek tersendiri. Saya sendiri sangat tertarik dengan usaha jamur

Peluang usaha ritel
Penetrasi ritel akan semakin meningkat pada tahun 2010, fenomena ini akan terjadi mengigta tingkat konsumsi kebutuhan daily need masyarakat indonesia semakin meningkat, memang pemain2 besar banyak yang bersaing tetapi bukan berarti kita tidak bisa ikut menikmati lezatnya bisnis ritel. Kita bisa mengabil segmen ritel yang gak bisa diambil oleh peritel besar seperti agen aqua dan gas keliling dengan konsep modern.Sebuah survey dari Nielsen menyebutkan bahwa penetrasi gerai ritel modern bisnis makanan di Indonesia sebanyak 52 unit untuk satu juta penduduk tempat teratas di duduki Korea Selatan dengan penetrasi 504 unit untuk satu juta penduduk. Negeri Tiongkok masih berada satu tingkat di atas Indonesia dengan penetrasi gerai sebanyak 74 unit untuk satu juta penduduk.

Peluang usaha toko produk tradisional
Khusus untuk segmen ini saya memilih batik sebagai andalan. Pengakuan Dunia bahwa batik adalah produk asli indonesia menyebabkan tingkat penggunaan baju berbahan batik meningkat. Ketertarikan konsemen modern kepada hal2 yang berbau tradisi juga memberikan pasar yang besar

Ada beberapa peluang bisnis lain yang kita bisa coba diantaranya peluang bisnis yang terkait dengan teknologi inovasi dari yang paling sederhana sampai yang canggih seperti usaha pengaman gas atau kemasan sampai pada internet, hp dll, ada yang ingin menambahkan?Selamat dan mari menjadi pengusah indonesia


Sumber: PELUANG USAHA KECIL 2010 PALING PROSPEKTIF - Peluang Usaha

Sumber :www.gusbud.web.id

Sabtu, 31 Juli 2010

Profil Wanita Dibalik Kesuksesan Bengkel Motor X-Ttra



Salah satu profil wanita hebat dalam dunia bisnis adalah Ibu Hj. Rubiyah Sardjono. Seorang ibu rumah tangga yang mampu menjalankan bisnis bengkel motor yang tidak biasanya dijalankan para ibu rumah tangga. Namun Ibu empat anak ini mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar, dari peluang usaha bengkel motor. Usahanya yang dimulai dari nol, kini berhasil dikembangkan dengan system franchise dibawah brand “ Motor X-Tra “ yang kini telah memiliki 30 outlet bengkel di berbagai kota besar.Kisah sukses Ibu Hj. Rubiyah Sardjono diperoleh dengan jerih payah beliau yang patut kita contoh. Beliau pernah mencoba beberapa ide bisnis, sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis bengkel motor yang dijalaninya saat ini. Berawal dari seorang ibu rumah tangga yang pernah menjalankan bisnis salon dan rias pengantin di Surabaya pada tahun 1984 selama lima tahun. Kemudian beliau terpaksa berganti bisnis lain dibidang katering untuk perusahaan dan kantor selama tiga tahun di Jakarta, karena suaminya dipindahtugaskan di Jakarta. Namun bisnis tersebut juga harus diakhiri, karena suaminya kembali dipindah ke Surabaya.

Setelah berada di Surabaya, pada tahun 1993 Ibu Hj. Rubiyah memulai usaha bengkel motor dengan nama U.D Waru Agung Motor Group, dengan menerima segala perbaikan maupun servis motor roda dua. Usaha tersebut ternyata dapat diterima masyarakat dengan respon pasar yang sangat baik. Dari besarnya perkembangan bisnis bengkel yang ada, pada tahun 1995 didirikanlah bengkel AHASS yang pertama dimiliki Ibu Hj. Rubiyah. Tak lama dari pendirian bengkel AHASS yang pertama, Beliau berhasil membuka bengkel AHASS yang kedua dan ketiga.

Keberhasilan yang telah diraih Ibu Hj. Rubiyah tidak membuat beliau kemudian berhenti mengembangkan bisnisnya. Dengan berkembangnya ide untuk mengembangkan usaha bengkel, ibu rumah tangga yang lahir pada tanggal 1 Desember 1959 membuat konsep pelayanan one stop servis dengan nama “ Motor X-Tra ”. Layanan one stop servis yang ada pada bengkel Motor X-Tra, menggabungkan pelayanan servis, ganti oli dan suku cadang, serta salon cuci motor yang tersedia di satu tempat. Dengan konsep bisnis bengkel one stop servis Motor X-Tra yang matang, kini usaha bengkel tersebut telah dikembangkan dengan system franchise.

Sistem franchise yang memiliki prospek bagus menarik minat para franchisor untuk bekerjasama, maka tak heran jika kini bengkel motor X-Tra telah tersebar hampir diseluruh kota yang ada di Indonesia. Kisah sukses profil wanita dibalik kesuksesan bengkel motor X-Tra, dapat dijadikan salah satu inspirasi bagi kita dalam mencoba sebuah bisnis. Karena dunia bisnis tidak mengenal perbedaan gender. Salam sukses.

Info terkait :
- Kisah Sukses Seorang Pembersih Kaca
- Kesuksesan Miftah Sunandar Membangun PT. Miftah Putra Mandiri
- Perempuan Bergaya Bisa Berkarya
- Profil Tiara Handycraft, Sang Pembela Penyandang Cacat

Sumber gambar :http://www.majalahwk.com/artikel-artikel/info-usaha/200-edisi-majalah.html dan http://st285791.sitekno.com/images/csp_12622.jpg
http://www.bisnisukm.com

Usaha Bawang Goreng

Kejelian melihat peluang pasar, itulah kelebihan Ari Dianto dalam menjalankan usaha bawang goreng sejak 1996. Dengan modal awal sekitar Rp 100 ribu untuk membeli 10 kilogram bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah, minyak goreng, dan plastik pembungkus, Ari kini mampu meraih omzet puluhan juta rupiah per bulan.

Ari dan istrinya Sri Mulyanti mengaku sempat kesulitan berbisnis bawang goreng. Namun berkat ketekunan dan keseriusan, mereka kini menjadi pengusaha bawang goreng yang sukses di Bogor, Jawa Barat. "Untuk pemasaran Januari-Februari kita bisa memasarkan dua sampai tiga kwintal per hari. Pemasaran mencakup wilayah Jabotabek," ujar Ari yang hanya lulusan sekolah menengah atas belum lama berselang.

Selain bersama sang istri dalam berbisnis, Ari dibantu 10 karyawan yang berasal dari lingkungan tempat tinggalnya. Ari biasa memasarkan bawang goreng seharga Rp 35 ribu per kg. Guna meningkatkan jumlah konsumen, Ari melakukan pendekatan langsung ke sejumlah pedagang makanan yang membutuhkan bawang goreng seperti penjual bakso serta pengusaha katering.

Keberhasilan berbisnis juga dirasakan Erlismiati. Sejak 2000, ia eksis memasarkan sambal balado kentang hasil kreasi sendiri. Dengan modal awal sekitar Rp 300 ribu untuk pembelian bahan baku kentang, cabe giling, minyak goreng, dan peralatan dapur, Erlismiati kini mampu meraih omzet hingga Rp 10 juta per bulan. Bahkan, ia bisa mencapai keuntungan dua kali lipat pada hari-hari besar seperti Idulfitri dan Iduladha. "Resep saya ciptakan sendiri. Saya memakai pengawet alami yaitu kapur sirih," ujar wanita berusia 46 tahun ini.

Dalam menjalankan usahanya, Erlismiati sehari-hari dibantu lima karyawan tetap dan delapan pegawai lepas yang berasal dari anggota keluarga maupun lingkungan rumahnya di Bekasi Utara, Jabar. Ia bermula memasarkan produknya dari kelompok pengajian dan acara silaturahmi keluarga. Namun, pemasaran hasil kreasi Erlismiati kini menjangkau Kalimantan, Bali, hingga Mekah, Arab Saudi. "Saya biasa menjual antara Rp 6.000 per ons atau Rp 60 ribu per kilogram," tutur Erlismiati. Sumber: Liputan6.com,Usaha Kecil

Sabtu, 09 Januari 2010

Iklan Link dan Banner

Untuk iklan Banner & iklan Link kirimkan materi iklan (Link atau Banner)ke :

firdas123@yahoo.com

Biaya :
1. Iklan Link Rp 50.000,-/tahun
2. Iklan Banner Rp50.000/3bulan

Biaya tersebut bisa di transfer ke :

Atas Nama : Firdas Gutama
rek Bank : Bank BCA
No. Rek : 691.023.078.4

Bila sudah transfer dan kirimkan materi, harap SMS (Nama,Jumlah Transfer,Tanggal Transfer,Iklan Link/Iklan Banner) ke 021-9625.4545 untuk segera kami proses iklan Anda.

Sekian dan terimakasih,

Firdas