Selasa, 31 Januari 2012

memberikan pelayanan kepada pelanggan

Di dalam dunia bisnis kolega dan pelanggan merupakan faktor penting yang membuat industry maupun perusahaan berkembang. Hubungan antara kolega dan pelanggan terhadap suatu perusahaan tidak dapat dipisahkan karena kolega dan pelanggan menentukan kelangsungan hidup perusahaan maupun industry. Semakin banyak kolega dan pelanggan maka akan semakin mudah perusahaan berkembang.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia kolega diartikan sebagai teman sejawat, patner, relasi, rekan. Dalam dunia bisnis kolega sebagai pendukung kegiatan wirausaha. Misalnya pemasok bahan baku, sebagai agen perusahaan, mendirikan proyek baru.
Pelanggan diartikan sebagai individu, rumah tangga, atau perusahaan yang akan membeli barang dan jasa yang dihasilkan dalam kegiatan ekonomi. Pelanggan memiliki selera yang berbeda, maka dari itu sangat perlu untuk memahami kebutuhan pelanggan. Jika barang atau jasa yang kita tawarkan sesuai dengan selera mereka, otomatis mereka akan membelinya.

Siapa yang Termasuk Pelanggan
Setiap orang adalah pelanggan. Pelanggan adalah setiap orang, unit atau pihak dengan siapa kita bertransaksi, baik langsung maupun tidak langsung dalam penyediaan produk. Pada dasarnya ada dua jenis pelanggan, yaitu Pelanggan Eksternal dan Pelanggan Internal.

a.       Jenis-jenis Pelanggan
1.      Pelanggan internal
Pelanggan internal adalah orang yang melakukan proses selanjutnya dari suatu pekerjaan (“next process”) Pelanggan internal merupakan seluruh karyawan dari suatu industri. Yang diperlukan pelanggan internal adalah
(a) kerja kelompok dan kerjasama,
(b) struktur dan sistem yang efisien,
(c) pekerjaan yang berkualitas dan
(d) pengiriman yang tepat waktu.

2.      Pelanggan Eksternal.
Pelanggan eksternal adalah orang diluar industri yang menerima suatu produk (end-user). Pelanggan eksternal setiap industri jelas adalah masyarakat umum yang menerima produk industri tersebut. Beberapa hal yang diperlukan pelanggan eksternal adalah
(a) kesesuaian dengan kebutuhan akan produk
(b) harga yang kompetitif
(c) kualitas dan realibilitas
(d) pengiriman yang tepat waktu dan
(e) pelayanan purna jual.

Agar kerjasama dengan kolega dan pelanggan berlangsung dengan baik, maka ada hal yang harus diperhatikan,
1.    Komunikasi dengan kolega dan pelanggan dilakukan secara terbuka, professional, dan secara ramah tamah
2.    Menggunakan bahasa dan nada suara yang tepat
3.    Pengaruh bahasa tubuh dipertimbangkan
4.    Kepekaan akan kebudayaan dan kemasyarakatan diperlihatkan.
5.    Aktif mendengarkan dan bertanya dipergunakan untuk memastikan keberhasilan komunikasi dua arah
6.     Potensi dan konflik yang ada diidentifikasi dan dicari solusinya dengan bantuan dari kolega bila dibutuhkan. Winardi, 2008. “Kerjasama dengan Kolega-kolega dan Pelanggan-pelanggan”, (Online), http://winardicilacap.blogspot.com/2008/10/kerjasama-dengan-kolega-kolega-dan.html, (20 Februari 2011).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar