Senin, 14 Februari 2011

Mengatasi Error ODBC's SQLInstallDriverManager Failed pada VB

Setelah sekian lama saya Tips Jaringan Komputer tidak pernah lagi bermain-main dengan Visual Basic 6.0
Akhirnya kangen juga dan coba aku Install lagi VB 6.0 kmaren malam.
Namun tidak seperti biasanya, Proses Instalasi kali ini tidak berjalan sebagaimana mestinya
Saya pikir mungkin karena terlalu banyak program yang saya install, hingga membuat proses installasi selalu gagal dengan pessan Error ODBC's SQLInstallDriverManager Failed.

Penasaran dengan pesan error tersebut, saya coba dengan meng-uninstall beberapa program yang berhubungan dengan ODBC, namun tetap saja pesan error tersebut muncul.

Akhirnya saya menyerah dan coba bertanya pada Mbah yang paling baik di Internet ...hehehe
siapa lagi kalau bukan Google...........
saya coba masukan keyword ODBC's SQLInstallDriverManager Failed
wow ternyata banyak juga yang pernah mengalami hal ini, dan kebanyakan dari luar Indonesia.
Setelah membaca dari beberapa situs/forum akhirnya saya menemukan salah satu solusi terbaik dari situs ini

Kalau dibaca dari judul topiknya sih tidak berhubungan dengan Visual Basic sama sekali.
Judul dari situs tersebut adalah : How To Tips: XP Service Pack setup failed with Access Denied
Tapi dari pembahasan forum lainnya memang merujuk ke situs ini bila ingin mengatasi masalah error intalling Visual Basic.

Akhirnya saya putuskan juga untuk mengikuti langkah dari situs tersebut..........
dan ternyata setelah saya ikuti semua langkah-langkahnya,
memang berhasil seratus persen........

Berikut kutipan solusinya yang saya terjemaahkan ke bahasa Indonesia dan sedikit saya modifikasi agar mudah dimengerti bagi anda yang membutuhkan solusinya.

Memperbaiki Permission pada Key Registry

1.Buka Notepad atau text editor lainnya, dan ketikkan perintah berikut ini, Lalu simpan dengan nama reset.cmd di folder C:\Program Files\Windows Resource Kits\Tools


subinacl /subkeyreg HKEY_LOCAL_MACHINE /grant=administrators=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CURRENT_USER /grant=administrators=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CLASSES_ROOT /grant=administrators=f
subinacl /subdirectories %SystemDrive% /grant=administrators=f

subinacl /subkeyreg HKEY_LOCAL_MACHINE /grant=systems=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CURRENT_USER /grant=system=f
subinacl /subkeyreg HKEY_CLASSES_ROOT /grant=system=f
subinacl /subdirectories %SystemDrive% /grant=system=f


2. Lalu untuk menjalankan file tersebut, Klik START>>RUN
dan ketikan perintah ini "C:\Program Files\Windows Resource Kits\Tools\reset.cmd" lalu klik OK
biarkan hingga proses perbaikan selesai.


Setelah semua selesai coba untuk menginstall kembali program Visual Basic-nya.
Dari permasalahan dan solusi yang dibahas tadi mungkin saya pribadi menyimpulkan,
kalau ternyata Error-nya Instalasi Program Visual Basic saya dikarenakan Akses Registry/Registry permission yang dibatasi.
Ini mungkin dikarenakan oleh salah satu program yang pernah saya install sebelumnya.

So, mungkin juga tips dan trik ini bisa digunakan, bila suatu saat anda meng-install suatu program dan menemukan error Access Denied.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar