Selasa, 16 Agustus 2011

Sejarah kehidupan OSAMA BIN LADEN yang sebenarnya

Setiap orang tentu paham bila disodori nama: Osama Bin Laden. Tapi bagaiamana kiprahnya, tidak semua orang paham. Tokoh yang tercatat dalam buku orang terkenal di dunia ini lahir di Riyad, Saudi Arabia pada tahun 1957. Karena beberapa peristiwa dunia, ia dikenal sebagai dalam teroris melawan Amerika Serikat dan kekuatan barat lainnya. Termasuk pemboman Pusat Perdagangan Kota New York tahun 1993, bom bunuh diri pada kapal perang Amerika Serikat tahun 2000 dan serangan ke Pusat Perdagangan Dunia di kota New York serta Pentagon dengan Washington, D.C tanggal 11 September 2001. Tapi, sebenarnya namanya tidak tercantum dalam daftar orang yang melakukan serangan, namun ia dianggap sebagai dalang yang paling dicari dan menjadikannya sebagai 10 oran gyang paling dicari FBI.

Tepatnya, dia lahir 10 Maret 1957. Ayahnya, Muhammad Awad bin Laden adalah seorang pengusaha kaya yang memiliki hubungan dekat dengan keluarga kerajaan Saudi. Osama bin Laden adalah putra tunggal Muhammad bin Laden adalah putra tunggal Muhammad bin Laden dari istri kesepuluh, Hamidah al Attas. Orang tuanya bercerai setelah ia lahir. Ibu Osama kemudian menikah dengan Muhammad al-Attas. Osama belajar ekonomi dan administrasi bisnis di King Abdulaziz University. Ia meraih gelar sarjana teknik sipil pada tahun 1979 dan gelar sarjana administrasi public pada tahun 1981. Ada yang menginformasikan, dia meninggalkan universitas pada tahun ketiga perkuliahannya dan tidak pernah meraih gelar sarjana. Tapi Osama sangat berminat terhadap agama.

Dengan terus terang ia menyatakan keberatan atas kehadiran pasuklan Amerika Serikat di Saudi Arabia selama Perang Teluk Persia. Sehingga, pada tahun 1993 ia mendirikan jaringan yang dikenal dengan nama al-Qaeda.

Kelompok yang dipimpinnya mendanai dan mengorganisir beberapa serangan ke seluruh dunia,t ermasuk bom truck detonasi melawan Amerika. Target yang pernah dicapai, di Saudi Arabia pada tahun 1996, pembunuhan turis di Mesir pada tahun 1997 dan pemboman secara simultan di kedutaan Amerika Serikat di Nairobi, Kenya dan Dar es Sallam, Tanzania pada tahun 1998. Jumlah pembunuhan atas koordinasinya hampir 300 orang.

Pada tahun 1994, pemerintah Saudi Arabia menyita paspornya setelah menuduhnya melakukan subversi. Ia lari ke Sudan dan mengorganisir camps yang melatih militant dengan metode teroris dan akhirnya ia lari pad athaun 1996, kembali ke Afghanistan dan menerima perlindungan dari pemimpin militant Taliban. Sejak tahun 2001, Osama Bin Laden dan organisasinya menjadi sasaran utama Amerika sebagai kampanye perang terhadap teroris. Osama dan rekan pimpinan Al-Qaeda diyakini bersembunyi di dekat perbatasan Afghanistan dan Pakistan.

Desember 2001, Pakistan Observer melaporkan bahwa, Osama Bin Laden meninggal akibat komplikasi paru-paru dan dikubur dalam sebuah makam tak bertanda di Tora bora pada 15 Desember. Laporan ini diklarifikasikan Fox News di Amerika Serikat pada Desember 26. Juga pada 26 Desember Koran Mesir Al Wafd – Harian mengklarifikasikan kabar tersebut dan menyebutkan bahwa pejabat terkemuka Afghan Taliban, yang diduga hadir di pemakaman, menyatakan bin Laten telah dimakamkan pada atau sekitar tanggal 13 Desember.

Selengkapnya diuraikan pada alamat berikut dibawah berikut Perjalan kehidupan Osama Bin Laden yang sebenarnya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar