Rabu, 19 Januari 2011

Cara Agar Baterai Laptop dan Netbook Tidak Cepat Habis

Baru beli laptop tapi baterainya cepat habis, jangan buru-buru untuk menyalahkan laptop, penjual, apalagi pabriknya, karena bisa jadi setting di laptop anda belum optimal. Bagaimana cara agar laptop yang kita gunakan baterainya tidak cepat habis. berikut ini beberapa cara untuk mensetting Windows agar menghemat daya baterai laptop:

1. Buka Control Panel, Start Menu–> Control Panel

2. Buka tab Power Schemes, di dalam kolom dengan nama yang sama pilih keterangan “Portable/Laptop”. Dibagian “Settings” anda bisa melihat pengaturan waktu. Untuk kolom “Turn off monitor: After 15 minutes” artinya monitor, bagian yang paling banyak menghabiskan listrik, akan dimatikan secara otomatis jika tidak ada aktivitas selama 15 menit, monitor akan hidup ketika ada aktivitas lagi.

3. Dianjurkan juga untuk mengatur waktu pada bagian “Turn off harddisk” atur sekitar 2 sampai 3 menit, waktu “System Standby” sekitar 5 menit dan untuk “Hibernate” pilih 15 menit.

Tips:

Jalankan satu program tertentu saja, karena menjalankan banyak program sekaligus, akan meningkatkan resource yang berarti baterai laptop anda juga lebih cepat habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar