Rabu, 19 Januari 2011

Tips Mengatasi Pesan “Your System Is Running With Too Little Virtual Memory” di Windows XP

Bagi anda yang menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows XP, kadang menjumpai pesan notifikasi “Your System Is Running With Too Little Virtual Memory”. Pesan tersebut berarti memory komputer anda terlalu kecil dan tidak mencukupi untuk menunjang proses yang sedang terjadi di komputer anda.

Bila anda menggunakan program2 terbaru seperti Adobe reader, Nero, Photoshop, Corel Draw, Google Chrome, Firefox, IE 8, WMP dan sebagainya, anda setidaknya membutuhkan memory (RAM) sebesar 1GB agar dapat bekerja maksimal.

Tapi bisa saja walaupun anda telah menggunakan memory yang cukup, misalkan 1 GB anda masih menemui pesan seperti di atas, maka hal itu dapat disebabkan adanya “kebocoran” dalam penggunaan memory. Hal itu seperti ada salah satu aplikasi yang walapun sudah anda tutup, ternyata ia masih berjala di sistem yang menyebabkan error sehingga menguras resource komputer.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mencoba cara sebagai berikut:

1. temukan kebocoran memory dengan tekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan untuk membuka TaskManager, atau memalui Start–>Run–>ketik taskman. tekan enter.
2. Pilih Tab Processes
3. Menuju ke View–>Select Columns
4. Beri tanda centang pada Virtual Memory Size, dan klik Ok
5. Biarkan komputer anda berjalan pada waktu yang agak lama
6. Biasanya program yang tidak normal akan menggunakan memory yang tinggi, hal itu bisa anda lihat pada Momory Usage di Task Manager.
7. Analisa apakah program tersebut berasal dari system Windows, software, atakah ulah virus yang membonceng memory anda untuk berkembang biak.
8. Jika itu file system, maka kemungkinan ada aplikasi lain yang sedang berjalan dan kemungkinan mengalami error. Hentikan plikasi tersebut, jika tidak bisa, klik kanan pada proses di Task Manager pada program yg error dan klik End Process. Hal yang sama berlaku pada software, jika software mengalami malfungsi walapun anda sudah merestart komputer anda, kemungkinan juga terjadi error, solusinya install ulang software tersebut. Jika ternyata virus, scan dan hapus dengan menggunakan antivirus terbaik seperti Avira, AVG, Norton dll. Jika anda tidak tahu aplikasi apa yang sedang berjalan, apakah system, sofware, atau virus, jangan mengambil keputusan gegabah untuk menghapusnya, silahkan Googling dengan kata kunci process tersebut untuk memastikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar