Senin, 27 Juni 2011

Cara menjaga Kesehatan Retina dengan menggunakan Keripik Kulit Pisang

Peluang bisnis baru


Kulit pisang merupakan hasil sampingan dari pemanfaatan pisang yang dapat dijadikan makanan ringan seperti keripik. Walaupun kulit pisang merupakan hasil sampingan, namun kandungan gizinya tak kalah dari buahnya. Kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat.


Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan Taiwan, memperlihatkan ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi untuk mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang juga ternyata banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan akibat cahaya pada regenerasi retina.

Manfat kulit pisang dapat dinikmati dalam keripik kulit pisang. Ini menjadi peluang bisnis baru. Kelezatan keripik kulit pisang tak kalah dengan keripik pisang.

Untuk memberikan variasi rasa, taburkan bumbu tabor pada keripik kulit pisang. Pilih bumbu tabor aneka rasa untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Kriuk-kriuk keripik kulit pisang dapat dikemas dalam kemasan plastic PP (Poliprophilen). Pilihlah plastic PP dengan ketebalan yang cukup agar produk tetap renyah. Pengemasan sebaiknya menggunakan sealer (penyegel), jangan menggunakan lilin. Berilah label pada kemasan plastic. Sebaiknya label tidak dimasukkan dalam kemasan sehingga kontak langsung dengan produk. Hal ii dilakukan untuk menjaga sanitasi dan higienitas produk.

Bahan membuat keripik kulit pisang: kulit pisang, air kapur (1/2 sendok the kapur dilarutkan dalam 1 liter air), garam, gula dan tepung.

Kulit pisang dicuci bersih. Lalu direndam dalam air kapur selama 20 menit. Setelah itu, angkat dan rendam dalam larutan garam (1 sendok teg garam dilarutkan dalam 1 liter air) selama 20 menit. Diangkat, lalu rendam lagi dalam larutan gula (3 sendok gula dilarutkan dalam 1 liter air) selama 20 menit.

Angkat dari proses perendaman, lalu dikeringkan dengan dijemur selama 8 jam. Setelah itu digoreng.

Bila menginginkan digoreng dengan menggunakan tepung, lakukan lagi langkah ke 4-7. Selanjutnya memasukkan kulit pisang dalam adonan tepung, goring. Setelah keripik kelihatan berwarna kuning, angkat dari penggorengan dan tiriskan.

Selain untuk cemilan sekeluarga, keripik kulit pisang bisa dikemas untuk dijual. Apalagi bila didukung oleh sosialisasi manfaat kulit pisang, tentu usaha keripik satu ini memiliki potensi pasar yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar